Selasa, 31 Januari 2012

Cara Membuat Batik Tulis


Anda tertarik untuk membuat batik sendiri? Atau anda sedang belajar membuat batik? Atau sekedar mencari informasi membuat batik? Berikut ini adalah cara untuk membuat batik. Tutorial ini adalah cara membuat batik tulis.
Peralatan yang diperlukan:
  1. Kain Mori (bias terbuat dari sutra, katun, atau campuran kain polyester)
  2. Pensil
  3. Canting (bias dikatakan ini adalah alat tulis batik)
  4. Gawangan (tempat sampiran kain ketika membatik)
  5. Lilin cair
  6. Panci kecil (untuk tempat lilin)
  7. Kompor kecil (untuk memanaskan lilin)
  8. Larutan pewarna

Berikut adalah tahapan-tahapan membuat batik tulis:
  1. Pertama, kita buat dahulu desain batik dengan menggunakan pensil. Desain batik ini disebut molani. Untuk pebatik yang “expert”, dia bisa membuat motif batik sendiri, tapi untuk pemula disarankan untuk mengikuti motif-motif umum yang telah ada saja dahulu.
  2. Setelah pembuatan molani selesai, langkah selanjutnya adalah melukis dengan lilin cair dengan menggunakan canting dengan mengikuti pola yang tadi dibuat.
  3. Tutup dengan lilin bagian-bagian yang akan tetap tidak berwarna. Gunakan canting pada bagian yang mendetail, dan gunakan kuas pada area yang besar.
  4. Tahap keempat adalah proses pewarnaan dengan cara mencelupkan kain tersebut ke larutan pewarna tertentu.
  5. Jemur kain yang telah dicelupkan tadi sampai kering.
  6. Jika kita menginginkan beberapa warna pada batik yang kita buat, maka proses 3, 4, dan 5 bisa diulang beberapa kali tergantung jumlah warna yang kita inginkan.
  7. Setelah itu adalah proses nglorot, dimana kain yang telah berubah warna tadi direbus dengan air panas. Proses ini bertujuan untuk menghilangkan lapisan lilin sehingga motif yang telah digambar menjadi terlihat jelas.
  8. Kain batik tadi tentu perlu dicuci supaya bersih, ini adalah proses terakhir dari pembuatan batik yaitu mencuci kemudian keringkan dengan cara dijemur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar